Mengapa Jadi Pengusaha?

Oleh : Ketua Lembaga Pengembangan Bisnis dan Inkubasi (LPBI) Unair Muhammad Nafik Hadi Ryandono

Indonesia kaya akan sumber daya alam. Hasil hutan, laut, energi dalam Bumi, hingga segala jenis tanaman, bisa tumbuh subur. Kekayaan sumber daya tersebut harus dikelola oleh bangsa Indonesia sendiri untuk mendukung kekuatan finansial negara ini. Salah satu cara mengelola sumber daya tersebut yaitu dengan menjadi pengusaha.

Berkaca dari cara hidup Nabi Muhammad SAW, berdagang atau berwirausaha merupakan salah satu cara terbaik untuk mendukung kemaslahatan umatnya. Selain itu, pengusaha juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, serta hidupnya lebih independen sehingga bisa mencurahkan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Sebagai anak bangsa, khususnya mahasiswa memiliki peran penting dalam pengelolaan sumber daya alam. Selain mencontoh cara hidup Nabi, juga untuk melindungi kelestarian bangsa ini agar menjadi lebih maju. Apalagi jumlah mahasiswa Indonesia 6 juta dari jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 265 juta jiwa, sehingga sangat berpotensi menjadikan 2,3 % mahasiswa tersebut untuk mendukung kemaslahatan bangsa Indonesia dengan berwirausaha (https://www.katadata.co.id).

Dengan menjadi pengusaha sumber daya alam tersebut tidak akan dikelola pihak asing, jika pihak asing yang mengelola pasti hanya untuk kepentingan ekonomi dan tidak memperhatikan kepentingan bangsa ini.